Analisis Strategi Pemasaran UD.Roby Jaya Mebel di Era Digital dalam Perspektif Ekonomi Islam

Achmad Fauzi Putra Fajar, (2024) Analisis Strategi Pemasaran UD.Roby Jaya Mebel di Era Digital dalam Perspektif Ekonomi Islam. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
1708203100_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708203100_2_bab1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
1708203100_6_bab5.pdf

Download (357kB)
[img] Text
1708203100_7_dafpus.pdf

Download (310kB)

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan perkembangan yang mengalami kemajuan cukup pesat berbagai bidang, terutama pada bidang industri. Pada perkembangan industri mebel di Indonesia selama ini tidak lepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah. Roby Jaya Mebel merupakan sebuah tempat pengrajin kayu mebel untuk mengerjakan bahan kayu menjadi perabot rumah tangga. Lokasi pembuatan mebel beralamatkan di desa Gedangan Kecamatan Sukagumiawang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Bagaimana Strategi Pemasaran pada UD. Roby Jaya Mebel di Era Digital, Hambatan-Hambatan yang dihadapi UD. Roby Jaya Mebel dalam Strategi Semasaran di Era Digital, serta Bagaimana Strategi Pemasaran UD. Roby Jaya Mebel ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada UD. Roby Jaya Mebel Desa Gedangan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menyajikan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik UD. Roby Jaya Mebel dan Karyawan yang kemudian diolah dengan data sekunder yang bersumber buku-buku dan jurnal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Strategi bauran pemasaran yang dilakukan UD. Roby Jaya Mebel adalah 4P (product, price, place, dan promotion). Produk yaitu berupa Meja Belajar, Kursi, Lemari, dan lainnya. Price atau harga yang ditetapkan itu sesuai dengan bahan yang digunakan. Place atau tempat UD. Roby jaya mebel berlokasi strategi yaitu terletak dekan dengan jalan By Pass Kertasemaya. Promotion atau promosi UD. Roby jaya mebel sudah menggunakan sosial media namun masih belum maksimal. Hambatan UD. Roby Jaya Mebel dalam memasarkan produknya di pasar digital terdapat 3 faktor yang menjadi penghambat yaitu: Tidak cukup modal dan SDM yang ada pada Roby Jaya Mebel, pesaing yang semakin hari semakin bervariasi baik produk, harga maupun promosinya di media digital, dan kemampuan UD, serta mewaspadai adanya ancaman di dunia siber. Implementasi bauran pemasaran UD. Roby Jaya Mebel sudah sesuai dengan pemasaran Islam karena sebagian besar konsep pemasaran Islam telah sesuai yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. Dari segi harga menetapakan harga sesuai dengan kualitas produk. Kemudian dari tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh para customer, dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam bisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam, Bauran Pemasaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Mar 2025 07:33
Last Modified: 13 Mar 2025 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item