ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA POKOK BAHASAN SISTEM RESPIRASI MANUSIA DI MA AL MIZAN JATIWANGI

Intan Sri Primandiri, (2025) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA POKOK BAHASAN SISTEM RESPIRASI MANUSIA DI MA AL MIZAN JATIWANGI. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
1808106217_1_cover.pdf

Download (646kB)
[img] Text
1808106217_2_bab1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
1808106217_6_bab5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
1808106217_7_dafpus.pdf

Download (402kB)

Abstract

Kemampuan Higher Order Thinking skills (HOTS) sangatlah penting khususnya pada mata pelajaran Biologi dimana sorang siswa harus mampu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Oleh karena itu tujun penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dalam menyelesaikan soal HOTs pada pokok bahasa sistem respirasi manusia dan untuk mendeskripsikan respon siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitiatif. Jumlah populasi yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 2 MA Al- Mizan Jatiwangi dengan jumlah keseluruhan 60 siswa. Sampel penelitian merupakan sampel jenuh yaitu 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase Higher Order Thinking skills (HOTS) pada XI MIPA 1 sebanyak 0 siswa atau sebesar 0% berada pada kategori sangat rendah, 15 siswa atau sebesar 50% berada pada kategori rendah, 2 siswa atau sebesar 6,67% berada pada kategori sedang, 9 siswa atau sebesar 30% berada pada kategori tinggi dan 4 siswa aatau sebesar 13,33% berada pada kategori sangat tinggi. XI MIPA 2 sebanyak 0 siswa atau sebesar 0% berada pada kategori sangat rendah, 12 siswa atau sebesar 40% berada pada kategori rendah, 3 siswa atau sebesar 10% berada pada kategori sedang, 9 siswa atau sebesar 30% berada pada kategori tinggi dan 6 siswa aatau sebesar 30% berada pada kategori sangat rendah. Respon siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbabasis HOTs secara keseluruhan baik yaitu soal Higher Order Thinking skills (HOTS) yang diberikan menumbuhkan ketertarikan siswa, membuat siswa lebih memahami materi, sesuai dengan materi pembelajaran dan mengasah kemampuan untuk mampu berfikir secara lebih dalam dan tinggi dalam menyelesaikan suatu soal namun beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan beberapa soal Higher Order Thinking skills (HOTS) yang diberikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:40
Last Modified: 17 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15029

Actions (login required)

View Item View Item