PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS

ZAHRA FEBI AMANDA, (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
2008106023_1_cover.pdf

Download (684kB)
[img] Text
2008106023_2_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
2008106023_6_bab5.pdf

Download (76kB)
[img] Text
2008106023_7_dafpus.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas, kepraktisan dan mengevaluasi keefektifan Pengembangan E-Modul Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Agama Islam Mertapada Kulon, Kabupaten Cirebon pada bulan Oktober hingga November 2024. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk E-Modul Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Virus ini dimplementasikan kepada 60 siswa kelas X MAAI Mertapada Kulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kevalidan e-modul berbasis Socio Scientific Issues (SSI) yang dikembangan berpedoman pada matriks Gregory yang kemudian dianalisis melalui praktisi pendidik memperoleh CVR 55 dari 6 ahli praktisi pendidik dan kategori “sangat tinggi”. Nilai CVI memperoleh 0,98 dan masuk kategori “layak”. Hasil uji non parametrik Mann-Whitney memperoleh nilai signifikansi 0,000, nilai tersebut < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas yang diterapkan e-modul berbasis SSI dengan yang tidak diterapkan; (2) Kepraktisan e-modul SSI yang dinilai melalui respon peserta didik memperoleh penilaian sebesar 99% atau sangat praktis; (3) Keefektifan e-modul berdasarkan n-gain hasil belajar siswa berada dalam kategori sedang sehingga e-modul cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran; Studi selanjutnya perlu dilakukan pengujian penerapan e-modul ini diberbagai konteks sekolah yang berbeda dan eksplorasi penggunaan platform lain selain Flip Builder untuk melihat apakah ada alat yang lebih efektif atau efisien untuk penyajian e-modul.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 06:23
Last Modified: 17 Mar 2025 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item