Tila Safira, (2024) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS MINDMAPPING PADA MATERI SISTEM RESPIRASI SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS XI. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
2008106028_1_cover.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
2008106028_2_bab1.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
2008106028_6_bab5.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
2008106028_7_dafpus.pdf Download (306kB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses pembelajaran di sekolah. Perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan berdampak pada kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan teknologi seperti e-handout diharapkan dapat menjadi solusi bahan ajar yang inovatif. Selain itu, penyampaian materi lebih bermanfaat jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari seperti pada materi biologi yang berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari yaitu materi sistem pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-handout berbasis mindmapping. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus Gregory dan skala likert. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi dan media untuk menguji kelayakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil validitas e-handout berbasis mindmapping validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 0,85% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh 1 dengan kategori sangat layak
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:52 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |