Sulistyani, (2024) GURU PENGGERAK BIOLOGI DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS DI SMAN 1 KAPETAKAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
2008106052_1_cover.pdf Download (909kB) |
![]() |
Text
2008106052_2_bab1.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
2008106052_6_bab5.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
2008106052_7_dafpus.pdf Download (225kB) |
Abstract
Penerapan Kurikulum Merdeka masih tergolong baru karena baru berjalan selama dua tahun sejak diberlakukannya keputusan Kemendikbudristek no. 56 tahun 2022. Hal ini menuntut upaya untuk mewujudkan penerapan yang maksimal. Salah satu langkah pemerintah untuk mendukung hal ini adalah melalui program Guru Penggerak, yang bertujuan melatih dan memberi contoh kepada guru-guru lain agar mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui dan mendeskripsikan guru penggerak biologi dalam Merancang TP dan ATP, Proses Pembelajaran yang mencakup, Pelaksanaan dan Evaluasi, kemudian Mengintegrasikan P5 dalam Pembelajaran Biologi Peranan guru penggerak biologi dan Upaya dan Hambatan guru penggerak biologi dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Guru Penggerak Biologi di SMAN 1 Kapetakan telah menyusun dua modul ajar untuk kelas X dan XI, serta berkolaborasi dengan guru lain untuk materi lainnya. 2)Pembelajaran menggunakan model diferensiasi yang menyesuaikan kemampuan, minat, dan kebutuhan siswa sesuai dengan Kurikulum Merdeka. 3)Pembelajaran menekankan keterampilan abad 21 (4C), dengan kemajuan signifikan dalam berpikir kritis, namun kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi masih perlu dikembangkan. 4)Evaluasi dilakukan dengan asesmen formatif setiap pertemuan dan asesmen sumatif setelah periode tertentu.5)Integrasi P5 dilakukan dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" meski terdapat kendala pameran karya. 6)Guru Penggerak meningkatkan profesionalisme dan kolaborasi staf, serta menciptakan inovasi pembelajaran. 7)Hambatan berupa keterbatasan sumber daya diatasi melalui kolaborasi, teknologi, dan dukungan komunitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |