PERSEPSI GURU BIOLOGI TERHADAP MATERI EVOLUSI BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DI SMA KABUPATEN MAJALENGKA

Mohamad Iksan Ramdhani, (2024) PERSEPSI GURU BIOLOGI TERHADAP MATERI EVOLUSI BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DI SMA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
2008106060_1_cover.pdf

Download (861kB)
[img] Text
2008106060_2_bab1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2008106060_6_bab5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2008106060_7_dafpus.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis persepsi guru biologi terhadap materi evolusi di Kabupaten Majalengka, (2) mengetahui pengaruh perspektif Islam guru biologi terhadap penerimaan konsep evolusi, dan (3) mengelompokkan guru biologi berdasarkan penerimaan teori evolusi yang dikaitkan dengan perspektif Islam. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Measure of Acceptance of the Theory of Evolution (MATE) yang sudah dimodifikasi, dan diisi oleh 30 guru biologi SMA. Analisis data menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap evolusi sangat beragam. Sebagian guru menerima teori evolusi sebagai penjelasan ilmiah yang valid, sementara lainnya menolak atau merasa ragu karena adanya konflik dengan keyakinan agama. Perspektif Islam memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk penerimaan terhadap teori evolusi. Mayoritas responden menyatakan bahwa Adam adalah manusia pertama yang diciptakan langsung oleh Tuhan, sehingga menolak konsep evolusi manusia, meskipun sebagian terbuka terhadap evolusi pada tumbuhan dan hewan. Berdasarkan penerimaan terhadap teori evolusi, guru biologi dikelompokkan ke dalam empat kategori: Kreasionisme (23,3%), yang sepenuhnya menolak teori evolusi; Eksepsionalisme Nabi Adam (33,3%), yang menerima evolusi makhluk hidup kecuali manusia; Eksepsionalisme Manusia (23,3%), yang menerima evolusi pada tumbuhan dan hewan tetapi tidak pada manusia; serta Tanpa Pengecualian (20%), yang menerima teori evolusi sepenuhnya berdasarkan bukti ilmiah. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pengajaran yang memperhitungkan keberagaman pandangan agama dan sains. Hal ini bertujuan menciptakan dialog yang harmonis antara keduanya, sehingga konsep evolusi dapat diajarkan dengan efektif tanpa mengabaikan nilai nilai keagamaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 08:04
Last Modified: 17 Mar 2025 08:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item