Zahra Salshabilla, (2024) STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.
![]() |
Text
2008110038_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008110038_2_bab1.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
2008110038_6_bab5.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
2008110038_7_dafpus.pdf Download (656kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar Cirebon serta pemanfaatannya sebagai intrumen penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaha deskriptif kualitatif. Adapun tempat melakukan penelitian ini yaitu SMAI Al-Azhar 5 Cirebon. Dalam pengumpulan sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder itu berupa bukti, catatan, tulisan teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X.2 SMAI Al-azhar 5 Cirebon. Sedangkan data pada penelitian ini merupakan jenis data kualitatif, data yang berbentuk kata-kata atau verbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik dokumen berupa teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X. Menurut (Wigati & Lawuningrum, 2022) struktur teks negosiasi meliputi, 1) orientasi, 2) pengajuan, 3) penawaran, 4) persetujuan, 5) penutup. Menurut Kemendikbud (2013: 168) menyatakan lima kaidah kebahasaan dalam teks negosiasi sebagai berikut:1) bahasa persuasif, 2) bahasa interogatif, 3) bahasa argumentatif, 4) bahasa santun, 5) kalimat deklaratif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah kartu data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan dan metode analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Berdasarkan hasil penelitian dan uraian analisis data, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kelengkapan struktur teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X.2 SMAI Al-Azhar 5 Cirebon di temukan struktur yang tidak lengkap sebanyak lima atau 62,5%, sedangkan struktur yang lengkap sebanyak tiga atau 37,5%. Dengan demikian struktur yang tidak lengkap paling banyak ditemukan dalam penelitian ini. Kelengkapan kaidah kebahasaan teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelas X.2 SMAI Al-Azhar 5 Cirebon di temukan kaidah kebahasaan yang tidak lengkap sebanyak tujuh atau 87,5%, sedangkan kaidah kebahasaan yang lengkap sebanyak satu atau 12,5%. Dengan demikian kaidah kebahasaan yang tidak lengkap paling banyak ditemukan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dijadikan sebagai instrumen penilaian pembelajaran yang mencakup kompetensi dasar 3.11 menganalisis isi, struktur (Orientasi, Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, Penutup) dan kebahasaan teks negoisasi. Evaluasi pembelajaran yang dibuat berupa uji kompetensi dalam bentuk pilihan sepuluh ganda dan dua uraian. Dengan adanya penelitian ini, siswa dapat memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi pembelajaran teks negosiasi.
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:56 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 06:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |