Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Jual Beli Di Pasar Sandang Tegalgubug Kabupaten Cirebon

Muhammad Salim, (2024) Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Jual Beli Di Pasar Sandang Tegalgubug Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
1808204064_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808204064_2_bab1.pdf

Download (514kB)
[img] Text
1808204064_6_bab5.pdf

Download (362kB)
[img] Text
1808204064_7_dafpus.pdf

Download (412kB)

Abstract

Ekonomi merupakan tindakan manusia yang berhubungan dengan produksi, pengangkutan dan pemanfaatan barang dan jasa yang ditentukan untuk mengatasi kebutuhan manusia. Dalam sistem ekonomi Islam adalah sistem terpenting untuk mendorong perekonomian di suatu negara yang bergantung pada kualitas Islam. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui etika bisnis Islam dalam praktik jual beli, bagaimana praktik jual dan praktik etika bisnis Islam dalam jual beli di Pasar Sandang Tegalgubug. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang yang merupakan pedagang di Pasar Sandang Tegalgubug. Adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi metode pengumpulan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lokasi yang dipilih untuk penelitian. Berdasarkan temuan penelitian ini, hasil data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam di dalam praktik jual beli ada lima etika yakni khiyar, birr, qist, adl, dan haq. Di dalam praktiknya sendiri, para pedagang di pasar sandang Tegalgubug menawarkan barang dagangannya kepada pembeli dengan dijual secara grosiran, eceran dan lusinan. Beberapa praktik etika bisnis Islam yang terjadi di Pasar Sandang Tegalgubug diantaranya dengan menawarkan barang dan memperlihatkan kepada pembeli, memberikan hak khiyar, jaminan kualitas barang, boleh menukar barang, adanya sighat, pelayanan yang ramah, sabar dalam menghadapi keberagaman sifat konsumen dan kepuasan dalam pelayanan. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Praktik Jual Beli

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:09
Last Modified: 20 Mar 2025 01:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

View Item View Item