Galuh Angga Pratama, (2024) PERUBAHAN SOSIAL PEDAGANG PASAR TRADISONAL DALAM MENGHADAPI REVOLUSI 4.0 PASAR SUMBER KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
1808104128_1_cover.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
1808104128_2_bab1.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
1808104128_6_bab5.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
1808104128_7_dafpus.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan pasar tradisional semakin terancam dengan adanya perubahan yang terjadi pada saat ini. Ancaman yang paling mendasari yaitu perkembangan ekonomi global pada titik puncak perubahan besar yang sebanding dengan munculnya revolusi industri. Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. Hal ini sangat mempengaruhi bagaimana terjadi perubahan gaya hidup yang berbeda dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Dampak revolusi industri 4.0 yang ada di tengah pasar tradisional sumber, 2) Perubahan sosial ekonomi pasar tradisional sumber pada masa revolusi 4.0, 3) Perubahan sosial ekonomi pada masa revolusi 4.0. Pasar tradisional merupakan pasar yang paling efektif untuk sarana interaksi dan berkumpulnya orang-orang dari berbagai suku di tanah air sebagai sarana yang penting untuk berinteraksi dan berkreasi. Sistem yang terdapat pada pasar tradisional yakni pedagang melayani pembeli yang datang ketempat usaha mereka. Perdagangan merupakan salah satu sektor sistem perekonomian, yang dimana didalamnya terdapat kegiatan transaksi jual beli antara produsen dengan pembeli. Kebutuhan dapat mendorong manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, penyesuaian itu merupakan unsur adaptasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, melalui metode ini penulis akan menggambarkan masalah yang dibahas berdasarkan data-data yang relevan. Teknik pengumpulan data yakni meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian pasar tradisional Sumber sebelum revolusi 4.0 masih bersifat tradisional dan segala aktifitas masyarakat yang masih dilakukan secara tradisional juga. Pasar tradisional ketika sudah memasuki revolusi 4.0 merubah situasi, yang dimana segala kegiatan jual-beli antara pedagang pasar dan pembeli dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti whatsapp dan melakukan transaksi berbasis online. Selain itu muncul perubahan sosial seperti lahirnya kapitalisme, strategi pemasaran di era revolusi 4.0, perilaku konsumen pasar tradisional, dan penggunaan teknologi pada era revolusi 4.0. Kesimpulan pedagang pasar tradisional sumber menggunakan transaksi melalui Whatsapps dan langsung (berinteraksi) dengan pembeli.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:31 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 03:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |