Annisya Nauvy Dwi Utomo, (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
2008104002_1_cover.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
2008104002_2_bab1.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
2008104002_6_bab5.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
2008104002_7_dafpus.pdf Download (192kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa mengakibatkan kurang terlatihnya dalam mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam konteks permasalahan nyata. Situasi ini, menyebabkan peserta didik kesulitan untuk menerapkan pemikiran kritis terhadap situasi di sekitarnya yang sesuai dengan materi atau topik pembahasan yang dipelajari di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Gunung Jati, untuk mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII, untuk mengetahui bagaimana faktor pendorong dan penghambat penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, serta untuk mengetahui bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Jati. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa aktif melalui langkah-langkah ilmiah, seperti mengamati, bertanya, mengumpulkan data, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Pendekatan ini membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dan sangat relevan di abad ke-21, di mana siswa menjadi pusat pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualtitatif. Dengan menggunakan narasumber yaitu guru IPS, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, dan siswa SMPN 1 Gunung Jati. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah 1) Penerapan pendekatan saintifik ini dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga siswa dapat berkontribusi secara aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, 2) Keterampilan berpikir kritis pada siswa di SMPN 1 Gunung Jati sudah cukup baik namun perlu terus ditingkatkan melihat bahwa tantangan akan kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing secara global semakin tinggi, 3) Faktor pendorong dari penerapan pendekatan saintifik ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat sehingga menghendaki pendidikan terus mengalami perubahan, kurikulum dan kebijakan serta motivasi dan sikap positif dari lingkungan belajar yang ada, sedangkan faktor penghambat nya ialah fasilitas pendidikan yang kurang, minat dan motivasi belajar siswa yang tidak stabil, 4) upaya guru IPS dalam meningkatkan keterampilan berpikir pada siswa ini dengan melibatkan siswa pada kegiatan-kegiatan positif di luar jam pelajaran, membuat program bimbingan personal dan menggunakan metode serta media pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 03:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 03:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |