Nurhabibah, (2024) ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN VERBAL DAN NUMERIK PADA SOAL CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
2008105036_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008105036_2_bab1.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
2008105036_6_bab5.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
2008105036_7_dafpus.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran verbal dan kemampuan penalaran numerik pada soal cerita terhadap prestasi belajar matematika siswa secara simultan dan parsial, dan juga untuk mengetahui hubungan antar variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitiam ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Teknik penarikan sempel menggunakan Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa, kemampuan penalaran verbal dan numerik pada soal cerita secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 26,7%. Adapun kemampuan penalaran verbal pada soal cerita secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, sedangkan kemampuan penalaran numerik pada soal cerita memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan koefisien determinasi 23,3%. Sementara itu, ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang positif dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |