IBNU UBAIDILLAH, (2024) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA KELAS I MI MIFTAHUL FALAH MANDALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
1808107148_1_cover.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text
1808107148_2_bab1.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
1808107148_6_bab5.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
1808107148_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu komponen pengajaran yang menunjang keberhasilan pengajaran adalah media pengajaran. Setiap jenis media pengajaran memilikiciri khas atau karakteristik tersendiri yang hanya bisa direspon oleh indera tertentu dan berimplikasi kepada komponen-komponen pengajaran yang lain. Alat bantu yang dipakai adalah alat bantu visual, misalnya gambar, objek danalat-alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkre, motivasibelajar serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap penggunaan kosa kata Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 MI Miftahul Falah Mandala, Kabupaten Cirebon. Gambar sangat penting digunakan dalam usaha memperjelas pengertian pada peserta didik.Sehingga dengan menggungunakan gambar peserta didik dapat lebih memperhatikan terhadap benda- benda atau hal-halyang belum pernah dilihatnya yang berkaitan dengan pelajaran. Dalam penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah Pre- eksperimental Designs dengan bentuk Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MI Miftahul Falah kelas I yang berjumlah 15orang dengan laki – laki 5 orang, perempuan 10 orang dan guru Kelas I MI. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media gambar terhadap kemampuan kosa kata bahasa Indonesia kelas 1 MI Miftahul Falah Mandala Kabupaten Cirebon dari hasil observasi aktivitas guru menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan media gambar ketika dikelas dengan baik. 2) Hasil kosa kata bahasa indonesia siswa dari 15 siswa kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata nilai pretest yaitu nilai rata – rata 63, nilai maximum (jumlah nilai tertinggi) 80 dan nilai minimum (jumlah nilai terendah) 35 yang diperoleh dari hasil pretest siswa dikelas eksperimen, sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 85 dengan nilai maximum (jumlah nilai tertinggi) 100 dan nilai minimum (jumlah nilai terendah) 50. Dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dari hasil nilai prestest kehasil nilai posttest, sehinga kemampuan akhir literasi sains siswa dapat dikatakan “baik”. 3) Pengaruh media gambar terhadap kemampuan kosa kata bahasa Indonesia kelas 1 MI Miftahul Falah Mandala Kabupaten Cirebon berdasarkan uji hipotesis di dapat nilai Sig. (0,000) α (0,05) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Yang artinya ada pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan kosa kata bahasa Indonesia kelas 1 MI Miftahul Falah Mandala Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 06:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 06:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |