ANALISIS KESESUAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BERBASIS KI, KD PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 3A DI MI PGM KOTA CIREBON

Abdul Ghofur Ramdhani, (2024) ANALISIS KESESUAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BERBASIS KI, KD PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS 3A DI MI PGM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
1908107113_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908107113_2_bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
1908107113_6_bab5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
1908107113_7_dafpus.pdf

Download (257kB)

Abstract

Di dunia pendidikan diperlukan suatu desain atau bisa disebut sebagai perencanaan pembelajaran supaya pembelajaran tersebut bisa terkonsep dengan baik, tertata, dan lebih mudah dalam mengevaluasi. Desain pembelajaran tersebut biasa disebut perencanaan pembelajaran, terutama guru kelas 3A MI PGM Kota Cirebon. Perencanaan pembelajaran adalah rancangan atau rencana yang dibuat oleh guru tentang pembelajaran yang akan menjadi tanggung jawab guru tersebut. Salah satu tahap dalam proses desain pembelajaran adalah merumuskan dan menulis tujuan tujuan pembelajaran. Namun di MI PGM Kota Cirebon belum sepenuhnya menjalankan tujuan pembelajaran itu sendiri, maka dari itu perlu adanya tinjauan ulang terhadap perumusan tujuan pembelajaran, khususnya kelas 3A di MI PGM Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui cara guru menerapkan tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar di kelas 3 di MI PGM kota Cirebon, untuk mengetahii penulisan tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kelas 3 di MI PGM Kota Cirebon, (3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam penerapan tujuan pembelajaran di dalam kelas 3 di MI PGM Kota Cirebon. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara kepada narasumber yang terkait dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang ingin di teliti. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan metode wawancara pada guru kelas 3A. Teknik pengumpulan data contoh RPP dari wali kelas dan dokumentasi. Hasil Dalam perencanaan tujuan pemmbelajaran yang telah dilakukan oleh peneliti di MI PGM Kota Cirebon khususnya wali kelas 3A, belum menggunakan Berdasarkan pendapat diatas kita dapat mengetahui bahwa dalam merumuskan tujuan pembelajaran, wali kelas 3A belum menggunakan unsur audience, behavior, condition, degree secara efektif. Tetapi dalam penerapan di kelas sudah menggunakan unsur tersebut. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang berdasarkan kompetensi inti dan kompettensi dasar, harus memiliki kesiapan dalam mengajar di dalam kelas, karena merumuskan tujuan pembelajaran yang baik harus melalui beberpaa proses sehingga menghasilkan maksud yang di inginkan. Dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, pengajar atau guru harus memperhatikan setiap karakter siswa dan berikan pujian kepada siswa agar siswa merasa diperhatikan oleh guru sehingga bisa memberikan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Karna pada dasarnya siswa itu senang dipuji saat dia melakukan hal baik, jadi guru harus bijak dalam membuat metode pembelajaran di dalam kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Mar 2025 06:38
Last Modified: 26 Mar 2025 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15216

Actions (login required)

View Item View Item