PENGARUH BEHAVIORAL CONTROL SISWA KELAS IV DALAM MENGHINDARI PERILAKU KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DI SDN CIMALAKA 1 KABUPATEN SUMEDANG

Nurul Risma Liyani, (2024) PENGARUH BEHAVIORAL CONTROL SISWA KELAS IV DALAM MENGHINDARI PERILAKU KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DI SDN CIMALAKA 1 KABUPATEN SUMEDANG. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107003_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107003_2_bab1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
2008107003_6_bab5.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2008107003_7_dafpus.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan konformitas temaan sebaya yang dilakukan oleh siswa di sekolah.Dengan adanya konformitas teman sebaya yang dilakukan siswa,siswa tidak bebas melakukan sesuatu yang diinginkan dan harus mengikuti apa yang temannya minta.Maka dari itu behavioral control siswa merupakan faktor yang bisa mempengaruhi untuk menghindari perilaku konformitas teman sebaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Behavioral Control Siswa Kelas IV SDN Cimalaka 1, 2) Perilaku Konformitas Teman Sebaya Kelas IV SDN Cimalaka 1, 3) Pengaruh Behavioral Control Siswa Kelas IV Dalam Menghindari Perilaku Konformitas di SDN Cimalaka 1. Behavioral Control merupakan suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya serta kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi. Kemampuan untuk mengendalikan perilaku, kecenderungan untuk menarik perhatian, keinginan untuk mengubah perilaku agar sesuai untuk orang lain, selalu nyaman dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto karena adanya rangkaian variabel bebas yang terjadi sebelum penelitian dilakukan. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas,uji reliabilitas,uji normalitas,uji homogenitas,uji regresi linear,dan uji koefisien determinasi.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Cimalaka 1 yang berjumlah sebanyak 33 siswa,terdiri dari 14 siswalaki-laki dan 19 siswa permpuan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear, dan hasil perhitungan statistik dengan bantuan program IBM SPSS statistics 16.0 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) artinya bahwa ada pengaruh antara Behavioral Control Siswa Kelas IV Dalam Menghindari Perilaku Konformitas di SDN Cimalaka1. Adapun hasil dari uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh behavioral control siswa kelas IV dalam menghindari perilaku konformitas di SDN Cimalaka 1 adalah sebesar 26,8% yang berpengaruh positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Mar 2025 06:42
Last Modified: 26 Mar 2025 06:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item