PENERAPAN ADMINISTRASI KELAS DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI KELAS 3 MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON

Vina Fauziah, (2024) PENERAPAN ADMINISTRASI KELAS DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI KELAS 3 MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107008_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107008_2_bab1.pdf

Download (625kB)
[img] Text
2008107008_6_bab5.pdf

Download (617kB)
[img] Text
2008107008_7_dafpus.pdf

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya keberhasilan belajar di sekolah yaitu kurangnya administrasi yang efektif. Faktor administrasi seperti absen yang tidak tercatat dengan baik, kehadiran siswa yang tidak terpantau, dan jadwal pelajaran yang terlalu padat dapat berdampak negatif pada proses pembelajaran sehingga mengurangi kemampuan siswa untuk berkonsentrasi dan memperoleh pemahaman yang baik terhadap materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keberhasilan belajar siswa kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon; (2) mengetahui penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon; (3) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa keberhasilan belajar memperole kategori baik. Hasil observasi dan wawancara penerapan administrasi kelas 3 cukup memenuhi dan lengkap. Selain itu, hasil wawancara faktor pengahambat dalam penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa yaitu kehadiran siswa dan faktor pendukungnya adalah kerjasama orangtua siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Administrasi Kelas dapat Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Mar 2025 06:52
Last Modified: 26 Mar 2025 06:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item