Siti Nurkhodijah Lailatul Fajriyah, (2024) PENGARUH TATA TERTIB MADRASAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS III DI MI AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107012_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008107012_2_bab1.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
2008107012_6_bab5.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
2008107012_7_dafpus.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya gejala mengenai rendahnya karakter disiplin yang dialami oleh sebagian besar siswa, ringannya hukuman yang diberikan guru terhadap siswa yang kurang disiplin serta para siswanya yang menganggap pelanggaran tata tertib madrasah merupakan hal yang sudah biasa terjadi. kesulitan dalam hal kedisiplinan di madrasah terutama di kelas, permasalahan ini termasuk dalam permasalahan tata tertib madarasah. Hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang kondusif dikelas karena sebagian siswa nya yang kurang disiplin. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan tata tertib madrasah karakter disiplin siswa kelas III di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Tata tertib madrasah dapat diartikan sebagai ikatan atau aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Tata tertib merupakan peraturan-peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan. Tata tertib adalah sederetan peraturan yang harus ditaati dalam suatu situasi atau dalam satu tata kehidupan tertentu, misalnya tata tertib dalam kelas, ujian semester dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan tata tertib sekolah di kelas III MI Al Hidayah Guppi Kota Cirebon.(2) mengetahui karakter disiplin siswa di kelas III di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.(3) mengetahui pengaruh tata tertib sekolah terhadap karakter disiplin siswa di kelas III MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expost facto dengan desain penelitian regresi liniear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas III di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon yang berjumlah 25 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tata tertib madrasah memperoleh skor 81,8 % kategori baik untuk lembar observasi siswa. Skor angket karakter disiplin siswa sebesar 55,35% termasuk kategori cukup kuat. Terdapat pengaruh tata tertib madrasah terhadap karakter disiplin siswa kelas III di MI Al- Hidayah Guppi Kota Cirebon yaitu dengan nilai Sig. (0.000) < probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh antara tata tertib madrasah terhadap karakter disiplin siswa kelas III di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 06:56 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 06:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |