PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I MI

Neliyah, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I MI. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107018_6_bab5.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2008107018_7_dafpus.pdf

Download (201kB)
[img] Text
2008107018_2_bab1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
2008107018_1_cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan siswa akan media pembelajaran PPT interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MI Salafiyatul Huda 1. Sebagian besar kemampuan membaca permulaan siswa masih kurang, dikarenakan siswa kurang mengenal huruf, siswa belum bisa mengeja dengan baik, media pembelajaran yang kurang tepat dan bahan bacaan yang kurang menarik sehingga menyebabkan siswa menjadi malas dalam membaca, sedangkan bahan bacaan yang menarik dapat merangsang motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan media pembelajaran PPT interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Salafiyatul Huda 1. Media pembelajaran PPT interaktif merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, karena media pembelajaran PPT interaktif dapat memberikan dampak positif yaitu lebih mudah menarik perhatian siswa dan siswa lebih mudah menyerap materi pembelajaran yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran PPT interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran PPT interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI. (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran PPT interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDI, yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Peneliti melakukan pengukuran terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Setelah dilakukan pengembangan hasil analisis Uji Wilcoxon memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, menunjukkan perbedaan nilai pretest dan posttest kemampuan membaca permulaan siswa mengalami perubahan bersifat meningkat. Hasil rata-rata nilai N Gain pretest kemampuan membaca permulaan siswa dan posttest kemampuan membaca permulaan siswa menunjukkan angka 0,60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran PPT interaktif secara efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:38
Last Modified: 27 Mar 2025 03:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item View Item