Agits Siti Muzdalifah, (2024) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS III DI MI NURUL HUDA GEMPOL KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107019_1_cover.pdf Download (881kB) |
![]() |
Text
2008107019_2_bab1.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
2008107019_6_bab5.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
2008107019_7_dafpus.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan interpersonal anak. Hal ini dikarenakan pola asuh orang tua yang berbeda-beda. Ada yang pola asuhnya positif dan ada juga yang negatif. Pola asuh yang baik akan mempengaruhi kecerdasan interpersonal yang baik pula. Pola asuh otoritatif merupakan pola asuh yang baik sehingga dengan pola asuh tersebut kecerdasan interpersonal siswa akan baik. Maka dari itu pola asuh otoritatif merupakan faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pola asuh otoritatif pada siswa kelas III di MI Nurul Huda Kuningan (2) keceerdasan interpersonal siswa kelas III di MI Nurul Huda (3) pengaruh pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas III di MI Nurul Huda Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto karena terdapat serangkaian variabel independen yang terjadi sebelum penelitian dilakukan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa dan sampelnya sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan nilai signifikansi pola asuh otoritatif sebesar 0,159 > 0,05 dan nilai signifikansi kecerdasan interpersonal sebesar 0,516 > 0,05 yang berarti masing-masing variabelberdistribusi normal, uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,521 > 0,05 yang berarti memiliki varians yang homogen, uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan uji koefesien determinasi. Hasil dari penelitia ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh otoritatif yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas III di MI Nurul Huda Gempol Kuningan dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05, dengan hasil uji koefesien determinasi sebesar 25 %. Kemudian hasil dari pola asuh otoritatif kelas III MI Nurul Huda Gempol Kuningan memperoleh hasil 85 % yang berada dalam kategori “ Sangat Kuat” karena terdapat pada nilai interval 81-100. Dan kecerdasan interpersonal siswa memperoleh hasil 84 % yang berada dalam kategori “Sangat Kuat” karena terdapat pada nilai interval 81-100.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |