PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA KELAS V MI PGM KOTA CIREBON

ANISSA F THOYYIBAH, (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA KELAS V MI PGM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107083_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107083_2_bab1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2008107083_6_bab5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2008107083_7_dafpus.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia. Pada saat proses pembelajaran di kelas, guru sudah menggunakan media gambar dan konvesional . Tetapi masih banyak siswa yang kurang memahami dalam menulis narasi Bahasa Indonesia , sehingga ini menyebabkan siswa lebih senang bermain dan mengobrol ketika sedang belajar dikelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media pop –up book pada pembelajaran keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia di kelas V MI PGM Kota Cirebon. Pop-up book dapat digunakan dalam buku bergambar, kartu ucapan dan lainnya. Pop-up book mempunyai kemampuan untuk memperkuat kesan yang ingin disampaikan dalam sebuah cerita sehingga lebih dapat terasa. Tampilan yang lebih berdimensi membuatcerita terlihat nyata ditambah lagi dengan kejutan yang diberikan disetiap halamannya. Selain dari tampilannya, Pop-up book juga suatu media yang mudahdibuat, mudah dibawa dan lebih membuat suatu hal yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan jenis Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas V MI PGM Kota Cirebon yang berjumlah 48 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji validitas,uji reabilitas uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-gain. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan media pop-up book dengan menggunakan observasi memperoleh nilai persentase sebesar 94% dan hasil hasil uji hipotesis menggunakan paired samples test diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000.Karena nilai sig 0,000 , 0,05 sesuai dengan pengambilan keputusan maka dapat di simpulkan Ho di tolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MI PGM kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 10 Apr 2025 03:12
Last Modified: 10 Apr 2025 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item