POLA ASUH DAN KEMANDIRIAN ANAK STUDI KASUS PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK A DI TK AULIA KABUPATEN CIREBON

LULU ILMA’NUNAH, (2024) POLA ASUH DAN KEMANDIRIAN ANAK STUDI KASUS PESERTA DIDIK PADA KELOMPOK A DI TK AULIA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
1908108027_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908108027_2_bab1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
1908108027_6_bab5.pdf

Download (66kB)
[img] Text
1908108027_7_dafpus.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang pada permasalahan perilaku mandiri anak di TK Aulia Kabupaten Cirebon di mana 5 dari 22 anak memiliki kemandirian yang belum muncul. Pola asuh sendiri merupakan pembiasaan dalam lingkup keluarga sebagai cerminan orang tua dalam memberikan didikan dan bimbingan kepada anak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku kemandirian yang terjadi pada kelompok A di TK Aulia Kabupaten Cirebon, mengetahui pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak dan untuk mengetahui dampak pola asuh orang tua terhadap kemandirian peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini menggunakan sampel 5 orang peserta didik dari 22 peserta didik pada kelompok A di TK Aulia Kabupaten Cirebon. Selain itu, peneliti juga melibatkan 5 orang tua dari peserta didik tersebut. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara secara mendalam. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada anak anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan kemandirian disebabkan oleh penerapan pola asuh yang kurang tepat, ketegasan orang tua dalam mengambil keputusan, kelelahan menghadapi perilaku anak menyebabkan kurangnya perilaku mandiri pada anak. Selain itu, penelitian ini ditemukan bahwa dampak dari pola asuh yang memanjakan berbeda dengan penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa dampak positif pola asuh memanjakan anak akan berdampak anak memiliki keterampilan sosial yang lebih baik. Namun berdasarkan penelitian, justru mengalami perkembangan sosial yang belum fleksibel. Hal ini terjadi karna anak terus mengikuti orang tua, sehingga terjadi kurangnya berkomunikasi dan bermain dengan teman sebayanya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:14
Last Modified: 14 Apr 2025 08:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item View Item