NELI NUR AEYNI, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HAPPY ALFABET” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK ISTIQOMAH PANGURAGAN WETAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
1908108050_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
1908108050_2_bab1.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
1908108050_6_bab5.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
1908108050_7_dafpus.pdf Download (205kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan karena kebutuhan guru terhadap media pembelajaran dalam membantu dan meningkatkan kemapuan bahasa pada anak. Indikator terhadap kemampuan bahasa anak yaitu anak bisa memahami banyak kata dan artinya, mengolah kata yang lebih mudah, serta bisa menjawab dan bercerita tentang apa yang dilihatnya. Keterbatasan media dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemampuan anak dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media happy alfabet sebagai salah satu media dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, serta mengetahui kelayakan media happy alfabet dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan melalui 6 tahapan yaitu : 1) pengumpulan informasi awal, 2) rancangan produk, 3) validasi produk, 4) revisi produk, 5) uji coba produk, dan 6) hasil produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis ini mengunakan deskriptif kuantitatif, yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan media happy alfabet yang dikembangkan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa media happy alfabet untuk meningkatkan kemampuan bahasa memperoleh penilaian dari para ahli melalui dua tahap validasi.. Hasil dari ahli materi mendapatkan kriteria “layak” dengan memperoleh presentase sebesar 84% dan mendapatkan presentase sebesar 62% dan penilaian pengguna/tanggapan guru memperoleh kriteria “layak” dengan presentase sebesar 87% dan 93%. Uji coba produk pada anak kelompok A dilakukan sebelum dan setelah uji coba media happy alfabet. Dengan hasil presentase 66% sebelum dilakukan uji coba produk yaitu anak MB (Mulai Berkembang) dan dengan hasil 71,28% setelah dilakukan uji coba yaitu anak BSH (Berkembang Sesuai Haarapan). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan anak dalam penguasaan bahasa awal anak usia dini menggunakan media happy alfabet.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 09:06 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |