AMAR MA`RUF, (2025) Strategi Inkubator Bisnis Digicubes Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil Melalui Digital Marketing Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204184_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108204184_2_bab1.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
2108204184_6_bab5.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
2108204184_7_dafpus.pdf Download (314kB) |
Abstract
Transformasi digital menjadi tantangan besar bagi Usaha Mikro Kecil (UMK), termasuk di kota Cirebon yang menunjukkan tingkat adopsi digital yang masih rendah. UMK di kota Cirebon menghadapi hambatan dalam memanfaatkan dan mengembangkan strategi digital marketing yang efektif. Digicubes hadir sebagai solusi strategis dengan memberikan pelatihan, pendampingan dan akses pada ekosistem digital guna meningkatkan kinerja UMK melalui digital marketing. Namun, efektivitas strategi ini dalam konteks lokal Cirebon masih memerlukan analisis mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang difokuskan pada UMK binaan Digicubes di Kota Cirebon. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah tematik dengan model Miles dan Huberman dan dibantu menggunakan perangkat lunak NVivo Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inkubator Bisnis Digicubes memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja usaha mikro kecil (UMK) di Kota Cirebon melalui pendekatan digital marketing. Program yang dijalankan Digicubes, seperti pelatihan dan pendampingan intensif, terbukti membantu pelaku usaha memahami strategi pemasaran digital secara lebih sistematis dan aplikatif. Strategi yang diterapkan meliputi peningkatan kapasitas pelaku UMK dalam penggunaan media sosial dan platform digital lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, sebagian besar UMK binaan Digicubes mengalami peningkatan pendapatan dan jangkauan pasar setelah mengikuti program dari Digicubes. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Digicubes yang diterapkan efektif dalam mendorong pemanfaatan digital marketing bagi UMK secara nyata dan terukur di Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usaha Mikro Kecil, Inkubator Bisnis, Digital Marketing, Kinerja Usaha, Digicubes, Cirebon |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |