HABIBAH NURHAFIZH, (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pedagang Menggunakan Sistem E-Retribusi Pasar Di Pasar Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204140_1_cover.pdf Download (961kB) |
![]() |
Text
2108204140_2_bab1.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
2108204140_6_bab5.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
2108204140_7_dafpus.pdf Download (293kB) |
Abstract
Perkembangan digitalisasi menyebabkan banyak perubahan, salah satu contoh konkret dari penerapan teknologi digital dalam pelayanan pemerintah (egovernment) adalah pelaksanaan elektronik retribusi pasar (e-retribusi pasar). Pemerintah Kabupaten Cirebon melakukan suatu kerjasama dengan Bank Indonesia untuk menerapkan sistem pembayaran non-tunai dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian) yang di terapkan pada pasar pemerintah daerah. Namun, walaupun sudah terdapat kebijakan pemerintah daerah untuk menggunakan e-retribusi, pedagang lebih terbiasa membayar retribusi secara tunai dibandingkan secara nontunai. Hal ini disebabkan karena pedagang merasa lebih nyaman dan familiar dengan metode pembayaran yang sudah mereka lakukan selama bertahun-tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang menggunakan sistem e-retribusi pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini yaitu pedagang pasar sumber, Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 pedagang dihitung dengan rumus yamane dengan taraf kesalahan 10%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada pedagang Pasar Sumber yang pernah menggunakan e-retribusi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang menggunakan sistem e-retribusi pasar. Sedangkan, pada persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap minat pedagang menggunakan sistem e-retribusi pasar. Persepsi kepercayaan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan e-retribusi pasar. Kemudian secara simultan persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang menggunakan sistem e-retribusi pasar di Pasar Sumber Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-retribusi Pasar, Minat, Kemudahan, Kegunaan, Kepercayaan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:33 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |