SEKAR DELITA, (2025) Strategi Inovasi Digital Dalam Peningkatan Pelayanan Jamaah Umrah Di Travel Al Bait Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204245_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204245_2_bab1.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
2108204245_6_bab5.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
2108204245_7_dafpus.pdf Download (196kB) |
Abstract
Semakin banyaknya biro perjalanan Haji dan Umrah tentunya menimbulkan banyaknya pelaku usaha yang memikirkan cara atau strategi agar menarik minat calon jamaah. Di era digital ini banyak pelaku usaha yang membuat bisnis dengan berbasis digital. Strategi digital tentunya lebih memudahkan dan banyak menarik minat konsumen. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat maka diperlukan inovasi yang mampu mengembangankan bentuk digital yang dipakai dengan tujuan menarik minat konsumen. Strategi inovasi digital yang diimplementasikan meliputi pemanfaatan media sosial untuk komunikasi dan pemasaran, pembuatan serta kurasi konten edukatif terkait pelaksanaan umrah, serta optimalisasi layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi inovasi digital yang digunakan Travel Al Bait dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga mampu memberikan kepuasan kepada jamaah. Penelitian in menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inovasi digital yang digunakan sudah cukup optimal terbukti dengan aktifnya penggunaan sosial media untuk promosi dn interaksi baik dengan jamaah maupun calon jamaah. Pelayanan yang diterapkan sudah meningkatkan kepuasan dan kepercayaan Jamaah. Penggunaan digital belum mampu meningkatkan jumlah Jamaah dibandingkan dengan strategi konvensional yang digunakan. Karena masih banyak calon jamaah baru yang menggunakan Travel Al Bait dengan alasan rekomnedasi dari beberapa teman dan saudaranya yang meneceritakan pengalamannya setelah menggunakan Travel Al Bait. Tetapi penerapan strategi inovasi digital sudah cukup berdampak posisf untuk kemajuan bisnis berbasis digital dengan tercapainya tujuan yaitu mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Inovasi Digital, Pelayanan, Umrah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:18 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |