Ayub Taupiq Rachman, (2025) Analisis Kontribusi Sektor-Sektor Dan Strategi Peningkatan Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204240_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204240_2_bab1.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
2108204240_6_bab5.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
2108204240_7_dafpus.pdf Download (440kB) |
Abstract
Teja merupakan desa yang memiliki potensi dalam pengembangan bibit durian karena memiliki kondisi tanah dan iklim yang mendukung, sehingga cocok untuk usaha pembibitan durian. Namun, kurangnya modal serta manajemen risiko keuangan dan metode pemasaran yang efisien berdampak pada keberlanjutan usaha dan kesenjangan pendapatan dalam pemasaran bibit durian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial dan pemasaran usaha pembibitan durian di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah petani dan pedagang bibit durian yang ada di desa Teja sebanyak 37 petani dan 5 pedagang. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi: pertama, Kelayakan finansial menggunakan metode NPV, IRR, Payback Period, dan Net B/C. Kedua, analisis pemasaran meliputi analisis saluran pemasaran. Ketiga margin, farmer share dan efisiensi pemasaran. Hasil perhitungan NPV pada usaha bibit durian di desa Teja memiliki nilai sebesar Rp. 130.163.038, IRR sejumlah 26,39%, Net B/C sejumlah 2,04, Payback Period (PP) pengembalian biaya investasi/biaya awal adalah selama 4 tahun 8 bulan. Berdasarkan kriteria kelayakan finansial usaha bibit durian layak untuk diusahakan dan dikembangkan. Pemasaran usaha bibit durian yang digunakan yaitu metode pemasaran langsung, semi langsung dan tidak langsung serta terdapat tiga saluran pemasaran. Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien dimana memiliki nilai margin yaitu Rp.0, farmer’s share sebesar 100%, dan tingkat efisiensi dengan nilai share biaya 0%. Kata kunci: Kelayakan finansial, efisiensi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |