Pengaruh Pemasaran Digital Dan Harga Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Jalan Moh Toha Kota Cirebon

Yuliana, (2025) Pengaruh Pemasaran Digital Dan Harga Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Jalan Moh Toha Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204023_1_cover.pdf

Download (859kB)
[img] Text
2108204023_2_bab1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2108204023_6_bab5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2108204023_7_dafpus.pdf

Download (310kB)

Abstract

Pasar tradisional, sebagai pusat perdagangan fashion sebelum era digital, memiliki peran ekonomi dan sosial yang signifikan. Pusat Grosir Cirebon (PGC) merupakan representasi pasar tradisional dengan kekayaan budaya lokal. Minat beli konsumen di pasar tradisional dipengaruhi faktor internal dan eksternal, termasuk trend fashion, harga, dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh ketiga faktor eksternal tersebut terhadap minat beli produk fashion di PGC. Alasan penelitian adalah untuk memahami pergerakan perilaku konsumen di pasar tradisional dan mengidentifikasi faktor spesifik yang mendorong minat beli, mengingat pentingnya pasar tradisional bagi ekonomi dan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli produk fashion di Pusat Grosir Cirebon. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan antara lain yaitu trend fashion, harga dan kualitas layanan. Sedangkan variabel dependennya adalah minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dari pengunjung PGC yang berjumlah 100 responden melalui kuesioner yang valid dan reliabel, kemudian dianalisis menggunakan Data dari koesioner di olah menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Didapatkan hasil dari pengujian pada variabel trend fashion (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) produk fashion di pusat grosir cirebon. Hal ini dibuktikan pada saat uji hipotesis menunjukan bahwa variabel trend fashion (X1) memiliki nilai t hitung > t tabel (2,057 > 1,985) dengan nilai signifikan sebesar 0,042 < 0,05. Selanjutnya, variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) produk fashion di pusat grosir cirebon. Hal ini dibuktikan pada saat uji hipotesis menunjukan bahwa variabel harga (X2) memiliki nilai t hitung < t tabel (16,119 > 1,985), dengan nilai signifikan sebesar 0, 000 < 0,05. Dan variabel kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) produk fashion di pusat grosir cirebon. Hal ini dibuktikan pada saat uji hipotesis menunjukan bahwa variabel kualitas layanan (X3) memiliki nilai t hitung > t tabel (4,309 > 1,985), dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel trend fashion, harga dan kualitas layanan secara simultan terhadap minat beli sebesar 86,1%. Sementara itu, sisanya sebesar 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Minat, Pusat Grosir Cirebon, Trend Fashion, Harga, Kualitas Layanan, SPSS25.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:32
Last Modified: 24 Jul 2025 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item