Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rucas (Studi Kasus Followers Instagram Rucas)

Mochamad Fadhyl Nasrullah, (2025) Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rucas (Studi Kasus Followers Instagram Rucas). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204084_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204084_2_bab1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
2108204084_6_bab5.pdf

Download (287kB)
[img] Text
2108204084_7_dafpus.pdf

Download (260kB)

Abstract

Di era globalisasi, perusahaan dituntut untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas produk agar sesuai dengan keinginan pasar. Persaingan yang ketat dalam dunia wirausaha memaksa perusahaan untuk menerapkan manajemen yang cerdas dan strategi pemasaran yang efektif. Rucas, merek fashion lokal yang didirikan oleh Rubin Castor, telah berhasil menonjol di industri mode Indonesia dengan fokus pada produk jeans berkualitas tinggi dan strategi pemasaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Rucas. Data menunjukkan bahwa citra merek yang kuat, harga terjangkau, dan strategi promosi yang unik berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan meningkatnya permintaan dan antusiasme konsumen, Rucas berhasil menciptakan kesan eksklusif melalui produk limited edition, yang semakin menarik perhatian pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap Keputusan pembelian produk RUCAS, sebuah merek fashion lokal yang dikenal dengan produk jeans berkualitas tinggi. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi, Perusahaan dituntut untuk beradapatasi dengan prubahan perilaku konsumen yang semakin aktif dan terlibat dalam proses pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan 100 responden yang merupakan followers Instagram RUCAS yang pernah melakukan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiloiki pengaruh positif dan siginifikan terhhadap keputusan pembelian, dimana semakin baik citra merek, semakin besar kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu, harga yang terjangkau juga berkontribusi positif terhadap keputusan pembelian, menunjukkan bahwa konsumen cenderung memilih produk yang memberikan nilai nilai lebih sesuai dengan harga yang ditawarkan. Promosi yang dilakukan secara efektif, termasuk kolaborasi influencer juga terbukti meningkatkan minat beli konsumen. Secara simultan citra merek, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 73,3%. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi RUCAS dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Globalisasi, Citra Merek, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Rucas, Fashion Lokal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:51
Last Modified: 25 Jul 2025 05:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item