Pengaruh Promosi, Sosialisasi, Dan Media Sosial Terhadap Minat Menggunakan Transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon Di Kota Cirebon

Imam Iqbal Musadad, (2025) Pengaruh Promosi, Sosialisasi, Dan Media Sosial Terhadap Minat Menggunakan Transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204091_1_cover.pdf

Download (995kB)
[img] Text
2108204091_2_bab1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2108204091_6_bab5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
2108204091_7_dafpus.pdf

Download (336kB)

Abstract

Rendahnya minat masyarakat kota Cirebon dalam menggunakan transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon menjadi perhatian penting, karena pengelola BRT sudah berupaya dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan BRT melalui promosi yang baik dan efektif, sosialisasi yang menyeluruh serta media sosial yang informatif pada kenyataannya masih belum mampu meningkatkan minat masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, sosialisasi, dan media sosial terhadap minat masyarakat kota Cirebon dalam menggunakan transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Cirebon. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat kota Cirebon. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan total sampel sebanyak 100 responden. Proses analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat, hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar 2.369 dan nilai signifikansi sebesar 0,020. Kemudian sosialisasi juga berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat, dibuktikan dengan nilai sebesar 3.101 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Kemudian media sosial juga berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat, hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar 2.650 dengan nilai signifikansi sebesar 0,009. Sedangkan berdasarkan pada hasil uji simultan, maka dapat dinyatakan bahwa promosi, sosialisasi, dan media sosial berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat masyarakat. Hal ini dapat ditunjukan dengan nilai 32.720 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Kemudian pada koefisien determinasi mendapatkan nilai 0,490 atau 49%, hal ini menyatakan bahwa minat masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel promosi, sosialisasi, dan media sosial. Kata Kunci: Promosi, Sosialisasi, Media Sosial, Minat Masyarakat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:16
Last Modified: 25 Jul 2025 09:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item