Nurazka Amelia, (2025) Analisis Penerimaan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kota Cirebon Tahun 2019-2023 Perspektif Ekonomi Islam. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204254_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204254_2_bab1.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
2108204254_6_bab5.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
2108204254_7_dafpus.pdf Download (182kB) |
Abstract
Haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat penting dalam agama Islam, bisnis dalam penggelola haji dan umrah menjadikan beberapa perusahaan untuk menyediakan layanan haji dan umrah yang berkualitas. Dalam era persaingan yang semakin ketat, etika bisnis yang baik dan kualitas pelayanan yang tinggi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Namun, terdapat beberapa permasalahan. Karena kuranya pemahaman dan penerapan praktik bisnis yang etis oleh penyedia layanan, dapat merusak tingkat kepercayaan dan kepuasan jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika bisnis dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan jama’ah umrah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, dimana populasi yang digunakan yaitu pada jama’ah umrah PT. Aswita Alharamain Ramadana Kota Cirebon pada tahun 2023 (Maret - Desember) berjumlah 103 jama’ah. Adapun Teknik yang digunakan dalam penganbilan jumlah sampel yaitu slovin diperoleh sampel sebanyak 50,7 = 51 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Kemudian untuk metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, teknik analisis data menggunakan SPPS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel etika bisnis berpengaruh signifikan 0,000<0,05 yang artinya etika bisnis berpengaruh positif kepada kepuasan jama’ah umrah. Varibel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikan 0,05< 0,000 yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif kepada kepuasan jama’ah umrah.serta hasil uji F menunujukan bahwa Fhitung 165,534 dan Ftabel 2,010 Dan Tingkat signifikan signifikasi 0,000< 0,05, artinya etika bisnis dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan jama’ah umrah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |