Indah Farikhah, (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Pada Kpri Harapan Sejahtera Iain Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
1908203035_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1908203035_2_bab1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
1908203035_6_bab5.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
1908203035_7_dafpus.pdf Download (202kB) |
Abstract
KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan lembaga keuangan yang bergerak di bidang jasa dengan menawarkan produk simpanan dan pinjaman. Dalam upaya meningkatkan loyalitas anggota, koperasi harus memperhatikan kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan se$bagai faktor yang mempengaruhi hubungan jangka panjang dengan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota, pengaruh promosi terhadap loyalitas anggota, pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas anggota, serta pengaruh simultan dari ketiga variabel terhadap loyalitas anggota di KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner ke$pada anggota koperasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk menguji pengaruh secara parsial dan uji F untuk menguji pengaruh secara simultan. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, dan pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai thitung -2,007 dan sighitung 0,048. Promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai thitung 2,291 dan sighitung 0,024. Kepercayaan memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas anggota dengan nilai thitung 8,470 dan sighitung 0,000. Secara simultan, kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai Fhitung 60,082 dan sighitung 0,000. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan, strategi promosi yang lebih efektif, serta penguatan kepercayaan anggota terhadap koperasi dapat meningkatkan loyalitas anggota secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepercayaan, dan Loyalitas Anggota. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |