Ibnu Ubaidillah Amin, (2025) Strategi Arli Fashion Craft Untuk Meningkatkan Omzet Melalui Analisis Swot. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204169_1_cover.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
2108204169_2_bab1.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
2108204169_6_bab5.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
2108204169_7_dafpus.pdf Download (297kB) |
Abstract
Makanan merupakan kebutuhan manusia yang paling penting. Seseorang diberi kebebasan sepenuhnya dalam mengonsumsi apapun yang dibutuhkannya. Akan tetapi dalam membuat keputusan pembelian, seseorang tidak diperkenankan mengonsumsi makanan yang tidak halal (haram). Maraknya makanan impor yang berdar di Indonesia, dikhawatirkan memicu masyarakat muslim membeli makanan impor yang tidak berdasarkan kepada label halal, seperti Pada awal Beredar Mie Samyang tidak menampilkan label halal dari MUI dan Pertengahan Juni 2017 beredar berita dalam mie Samyang mengandung fragmen DNA babi (nasional.kompas.com, 2017). Untuk itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana tanggapan seseorang mengenai label halal, kualitas produk, dan harga mempengaruhi seseorang dalam membeli produk Mie Samyang Korea pada masyarakat muslim Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasional, Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim Kota Cirebon yang pernah mengonsumsi produk mie Samyang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, hipotesis (uji t dan uji F) dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepitusan pembelian. Kemudian melalui uji F bahwa variabel label halal, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Adjusted R square sebesar 0,376 menunjukkan bahwa sebesar 37,6% variasi keputusan pembelian bisa dijelasakan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 62,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |