Niswah Malihatul Ma'rifah, (2025) Strategi Pemasaran Digital Dalam Mengembangkan Wisata Buatan Central Park Cikarang. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204145_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108204145_6_bab5.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
2108204145_2_bab1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108204145_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan sektor strategis yang berpotensi meningkatkan pendapatan daerah dan nasional. Pemasaran digital melalui media sosial menjadi sarana efektif untuk mempromosikan potensi wisata daerah. Dengan pengguna media sosial yang tinggi, strategi ini dapat mendorong pertumbuhan pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan berdampak positif pada ekonomi. Strategi pemasaran digital sangat penting di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Central Park Cikarang dalam mengembangkan wisata buatan serta mengetahui bagaimana analisis SWOT strategi pemasaran digital yang dilakukan dalam mengembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis SWOT dan perangkat lunak NVivo 12 Pro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital dengan media sosial yaitu aplikasi TikTok dan Instagram. Dan pemasaran digital melalui kolaborasi. Persepsi pengunjung terhadap strategi pemasaran digital di Central Park Cikarang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Strategi yang efektif dapat meningkatkan kepuasan, kunjungan, dan loyalitas pengunjung. Informasi dari media sosial, terutama TikTok dan Instagram, sangat berpengaruh dalam membentuk persepsi dan keputusan pengunjung untuk berkunjung. Berdasarkan Analisis SWOT, terdapat beberapa strategi alternatif yang dapat diterapkan, antara lain dengan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kampanye digital guna menjangkau lebih banyak wisatawan. Selain itu, penyelenggaraan event besar dan variatif dengan dukungan perusahaan serta brand ternama dapat menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung. Strategi lainnya adalah menawarkan pengalaman ruang hijau yang unik sebagai keunggulan utama dalam promosi digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |