Sri Nur, (2025) Analisis Kelayakan Finansial Dan Pemasaran Usaha Bibit Durian Di Desa Teja Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204216_1_cover.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
2108204216_2_bab1.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
2108204216_6_bab5.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
2108204216_7_dafpus.pdf Download (213kB) |
Abstract
Beras merupakan komoditas penting dan sebagai bahan pangan pokok di Indonesia, 98 persen penduduk mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok yang mencerminkan budaya konsumsi masyarakat. Ketersediaan beras memiliki dampak terhadap pola konsumsi dan ketahanan pangan nasional. Produksi beras di kabupaten Cirebon meningkat dari 268.373,60 ton pada tahun 2021 menjadi 286.361,00 ton pada tahun 2023. Kabupaten Cirebon menempati urutan ketiga dalam produksi beras di wilayah CIAYUMAJAKUNING pada tahun 2023. Konsumen dalam memustuskan pembelian beras memiliki preferensi beragam, dengan mencari beras kualitas tinggi seperti beras pandan wangi, yang dikenal dengan aroma yang khas dan pulen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras premium pandan wangi di pasar pasalaran Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data dengan melalui empat tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian melalui beberapa tahapan seperti, pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, penilaian/evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Selain itu konsumen juga mempertimbangkan berbagai faktor yaitu, harga, kualitas produk dan citra merek. Konsumen dalam melakukan pembelian beras pandan wangi lebih mengutamakan kualitas beras, karena beras pandan wangi memiliki tekstur yang pulen yang memiliki aroma khas daun pandan saat dimasak yang dapat menggugah selera.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |