Istighfarah, (2025) Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Pembiayaan Musyarakah Di BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang. Bachelor thesis, S1- Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203006_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203006_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203006_6_bab5.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
2108203006_7_dafpus.pdf Download (422kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sering kali pengusaha mikro mengambil jalur pragmatis dengan mencari pembiayaan dari lembaga keuangan informal seperti rentenir untuk memenuhi kebutuhan keuangannya dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pembiayaan bagi hasil yang dipengaruhi oleh persepsi negatif yang tidak jelas sumbernya. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk ntuk menganalisis persepsi nasabah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya terhadap pembiayaan musyarakah yang diberikan oleh BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui literature yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik yang digunakan yaitu teknik keabsahan data dan teknik analisis data. Teknik keabsahan yang digunakan yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa persepsi nasabah terhadap pembiayaan musyarakah di BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang mendapatkan respon yang positif. Persepsi nasabah dipengaruhi oleh kualiatas produk atau layanan, komunikasi yang efektif, pengalaman pribadi, faktor budaya atau sosial, persepsi keyakinan, persepsi keamanan, target dan situasi, dan persepsi kepatuhan syariah. Dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembiayaan bagi hasil memiliki beberapa strategi, yaitu: Mengedukasi Nasabah, Promosi dan Sosialisasi (Hal itu digunakan dalam strategi pemasaran); Lalu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitasnya yaitu menggunakan Transparansi kepada nasabah, Mendahulukan nasabah yang memiliki usaha sudah berjalan lebih dari 3 bulan, Kemudahan dalam proses pengajuan, Berkomunikasi yang baik dengan nasabah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pembiayaan Musyarakah, BMT |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |