Nessa Annisa, (2025) Pengaruh Budaya Korea, Media Sosial, Dan Brand Ambassador Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja (Studi Pada Penggemar K-Pop Di Kecamatan Depok). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204180_1_cover.pdf Download (997kB) |
![]() |
Text
2108204180_2_bab1.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
2108204180_6_bab5.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
2108204180_7_dafpus.pdf Download (287kB) |
Abstract
Transportasi umum memiliki peran penting dalam mendukung mobilitas masyarakat di kawasan perkotaan. Di Indonesia, berbagai daerah terus berupaya mengembangkan layanan transportasi yang lebih optimal, efisien, dan nyaman, salah satunya melalui penerapan sistem Bus Rapid Transit (BRT). BRT Trans Cirebon hadir sebagai alternatif transportasi yang menawarkan kemudahan akses bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh harga, fasilitas, dan sistem pembayaran terhadap kepuasan penumpang BRT Trans Cirebon. Dengan pendekatan kuantitatif, data diperoleh melalui survei dan dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengelola BRT dalam meningkatkan kualitas layanan sehingga mampu memenuhi harapan serta meningkatkan kepuasan penumpang. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada penumpang BRT trans Cirebon. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan total sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumssi klasik, uji korelasi berganda, regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi, yang diolah dengan menggunakan aplikasi IBS SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel harga (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan penumpang, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,775 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,286 < 1,661). Kemudian fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan penumpang, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,624 > 1,661). Kemudian sistem pembayaran juga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan penumpang, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,331 > 1,661). Sedangkan berdasarkan pada hasil uji simultan, maka dapat dinyatakan bahwa harga, fasilitas dan sistem pembayaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan penumpang. Hal ini dapat ditunjukan dengan nilai f tabel lebih besar dari f hitung (29.772 > 2,70) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian pada koefisien determinasi mendapatkan nilai 0,466 atau 46,6%, hal ini berarti kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh variabel harga, fasilitas dan sistem pembayaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |