Dewi Agustini, (2025) Penggunaan Media Sosial Tiktok Dan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Pada Bank Syariah Sebagai Penentu Pendapatan Umkm Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1- Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203153_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203153_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203153_6_bab5.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
2108203153_7_dafpus.pdf Download (469kB) |
Abstract
Pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini banyak dipengaruhi oleh digital marketing dan penggunaan alat transaksi pembayaran digital termasuk quick response code Indonesian standard (QRIS). Masalah yang muncul pada media sosial tiktok menyebabkan kecanduan belanja online impulsif buying dengan penjualan merchant yang dianggap ada predator pricing yang menjual di bawah biaya harga pokok penjualan (HPP). Sedangkan, transaksi QR code adanya tarif merchant discount rate (MDR) yang di pandang memberatkan para pelaku usaha dan mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada alat pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tingkatan pengaruh pelaku usaha yang menggunakan media sosial tiktok sebagai media pemasaran terpopuler dan quick response code Indonesian standard (QRIS) pada Bank Syariah sebagai alat transaksi pembayaran non-tunai yang modern, dengan pengujian secara parsial maupun simultan terhadap pendapatan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kota Cirebon Jawa Barat. Metode penelitian kuantitatif, dengan data primer yang digunakan yaitu angket yang disebarkan kepada responden berjumlah 96 sampel. Teknik pengambilan sampel, yaitu simple random sampling, serta data sekunder yang digunakan berasal dari buku, e-book, dan jurnal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kota Cirebon. Analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial media sosial tiktok berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Cirebon. Quick response code Indonesian standard (QRIS) pada Bank Syariah berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Cirebon. Secara simultan, variabel independen media sosial tiktok dan quick response code Indonesian standard (QRIS) pada Bank Syariah berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya pendapatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tiktok, QRIS, Bank Syariah, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |