Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Uin Siber Syekh Nurjati Cirebon)

Tuti Asriani, (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Uin Siber Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204238_1_cover.pdf

Download (994kB)
[img] Text
2108204238_2_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
2108204238_6_bab5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2108204238_7_dafpus.pdf

Download (307kB)

Abstract

Tingginya angka pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi menjadi permasalahan serius di Indonesia. Meskipun mayoritas mahasiswa menunjukkan minat berwirausaha, kenyataannya masih banyak yang belum mampu merealisasikan hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemanfaatan teknologi digital seperti literasi digital, media sosial, dan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan literasi digital, media sosial, dan e-commerce terhadap minat mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Dengan populasi 2.053 Orang. Jumlah Sampel penelitian ini adalah 95 Mahasiswa dihitung dengan menggunakan rumus Taro yamane dengan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling yaitu Random Sampling. Data yang digunakan penelitian ini menggunakan data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa dan data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan SPSS 26. Adapun hasil dari penelitian ini: Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Dakwah Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, menunjukkan bahwa pemanfaatan literasi digital tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan (0,497>0,05). Pemanfaatanmedi media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan (0,000<0,05). E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan (2,060>1,986). Secara silmultan variabel pemanfaatan literasi digital, media sosial dan e-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Dakwah Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Hasil penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,554 yang berarti 55,4% variasi minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh variasi dari 3 variabel independen, sedangkan sisanya 44,6% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar penelitian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:12
Last Modified: 28 Jul 2025 08:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item