Pengaruh Harga, Kualitas, Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Pembelian Online Pada Platfrom Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Jurusan Akutansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Siber Syekh Nurjati Cirebon)

Alif Alwi Sahri, (2025) Pengaruh Harga, Kualitas, Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Pembelian Online Pada Platfrom Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Jurusan Akutansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Siber Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108205164_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108205164_2_bab1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2108205164_6_bab5.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2108205164_7_dafpus.pdf

Download (308kB)

Abstract

Perkembangan pesat e-commerce telah membawa perubahan signifikan dalam cara konsumen berbelanja, terutama pada platform seperti Shopee. Dalam konteks ini, harga, kualitas, dan ulasan produk menjadi faktor kunci yang memengaruhi minat pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan ulasan produk terhadap minat pembelian online pada mahasiswa/i Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 61 responden, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS 23. Variabel independen yang dianalisis meliputi harga, kualitas produk, dan ulasan produk, sementara minat pembelian online menjadi variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel harga, kualitas produk, dan ulasan produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian online di platform Shopee. Secara parsial, variabel ketiga tersebut harga, kualitas produk, dan ulasan produk juga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa minat pembelian konsumen pada platform Shopee tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor ketiga tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis e-commerce, khususnya Shopee, untuk terus meningkatkan daya saing melalui strategi lain yang lebih relevan dengan preferensi konsumen, terutama di kalangan mahasiswa sebagai salah satu segmen pasar potensial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Ulasan Produk, Minat Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:59
Last Modified: 29 Jul 2025 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item