Sholihah, (2025) Pengaruh Modal Usaha, Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan (Studi Kasus Pada Industri Mikro Roti Dan Makanan Ringan Di Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1- Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204030_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204030_2_bab1.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
2108204030_6_bab5.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
2108204030_7_dafpus.pdf Download (572kB) |
Abstract
Industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon menunjukkan perkembangan yang pesat dengan jumlah industri yang terus meningkat setiap tahunnya hal tersebut menunjukkan adanya permintaan pasar yang tinggi dan peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, pelaku usaha di sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, kurangnya inovasi produk, serta strategi pemasaran yang belum optimal, yang menyebabkan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku usaha mikro ini seringkali tidak stabil dan belum mampu menunjang secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana modal usaha, inovasi produk dan strategi pemasaran masing-masing berpengaruh terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field research. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 87 sampel yang merupakan pelaku usaha industri mikro roti dan makanan ringan pada 10 Kecamatan di Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon, inovasi produk dan strategi pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon. Serta Modal usaha, inovasi produk dan strategi pemasaran secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal usaha, inovasi produk, strategi pemasaran, tingkat pendapatan, industri mikro |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |