Pengaruh Modal Usaha, Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan (Studi Kasus Pada Industri Mikro Roti Dan Makanan Ringan Di Kabupaten Cirebon)

Sholihah, (2025) Pengaruh Modal Usaha, Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan (Studi Kasus Pada Industri Mikro Roti Dan Makanan Ringan Di Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1- Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204030_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204030_2_bab1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
2108204030_6_bab5.pdf

Download (324kB)
[img] Text
2108204030_7_dafpus.pdf

Download (572kB)
Official URL: https://uinssc.ac.id/

Abstract

Industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon menunjukkan perkembangan yang pesat dengan jumlah industri yang terus meningkat setiap tahunnya hal tersebut menunjukkan adanya permintaan pasar yang tinggi dan peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, pelaku usaha di sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, kurangnya inovasi produk, serta strategi pemasaran yang belum optimal, yang menyebabkan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku usaha mikro ini seringkali tidak stabil dan belum mampu menunjang secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana modal usaha, inovasi produk dan strategi pemasaran masing-masing berpengaruh terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field research. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 87 sampel yang merupakan pelaku usaha industri mikro roti dan makanan ringan pada 10 Kecamatan di Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon, inovasi produk dan strategi pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon. Serta Modal usaha, inovasi produk dan strategi pemasaran secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan industri mikro roti dan makanan ringan di Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Modal usaha, inovasi produk, strategi pemasaran, tingkat pendapatan, industri mikro
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:44
Last Modified: 29 Jul 2025 02:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item