Strategi persaingan usaha Pedagang fashion wanita celana kulot di pasar Tegalgubug kabupaten cirebon perspektif hukum Ekonomi syariah

Wulan Safitri, (2025) Strategi persaingan usaha Pedagang fashion wanita celana kulot di pasar Tegalgubug kabupaten cirebon perspektif hukum Ekonomi syariah. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108202046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108202046_2_bab1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
2108202046_7_dafpus.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2108202046_6_bab5.pdf

Download (312kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi persaingan usaha pedagang fashion wanita celana kulot di Pasar Tegalgubug Kabupaten Cirebon dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Persaingan yang ketat menuntut pedagang untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif tanpa melanggar prinsip syariah. Dengan dominasi harga grosir yang kompetitif serta perkembangan perdagangan online, pedagang harus berinovasi dalam menarik pelanggan tanpa praktik yang merugikan, seperti gharar dan tadlis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi pedagang di Pasar Tegalgubug Kabupaten Cirebon, menganalisis strategi persaingan usaha pedagang fashion wanita celana kulot, serta mengkaji penerapan strategi pemasaran dalam persaingan usaha tersebut dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan field research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, serta Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data terdapat beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan tiga poin utama, yaitu 1) Klasifikasi pedagang di Pasar Tegalgubug terbagi berdasarkan jenis barang, kepemilikan lapak, modal usaha, dan sistem penjualan, dengan dominasi sektor tekstil yang menjadikan pasar ini sebagai pusat grosir utama di Cirebon; 2) Strategi persaingan pedagang celana kulot mencakup diferensiasi produk, harga kompetitif, pemasaran digital, kualitas pelayanan, kemitraan dengan supplier, serta pemilihan lokasi strategis untuk meningkatkan daya saing; 3) Strategi pemasaran pedagang celana kulot di Pasar Tegalgubug secara umum telah selaras dengan prinsip Hukum Ekonomi Syariah, yakni keadilan (‘adl), kejujuran (ṣidq), dan keberkahan (barakah). Hal ini tercermin dari harga yang adil, informasi produk yang transparan, pelayanan yang jujur, serta orientasi usaha yang tidak semata mencari keuntungan, tetapi juga memberikan manfaat dan menjaga nilai-nilai syariat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Usaha, Pedagang Fashion, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:49
Last Modified: 29 Jul 2025 02:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item