AMINAH FITRIYANTI, (2025) PENERAPAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN CADANGPINGGAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2008306034_1_cover.pdf Download (740kB) |
![]() |
Text
2008306034_2_bab1.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
2008306034_6_bab5.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
2008306034_7_dafpus.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Cadangpinggan Kabupaten Indramayu, seperti ketidakhadiran dalam kegiatan wajib, perilaku tidak sopan terhadap guru, dan meninggalkan lingkungan pesantren tanpa izin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan konseling individual dengan teknik self management dalam mengembangkan kedisiplinan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari koordinattor Bimbingan dan Konseling dan santri yang memiliki permasalahan kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual mampu mengembangkan kesadaran diri, tanggung jawab pribadi, dan pembentukan kebiasaan disiplin yang berkelanjutan. Teknik self management yang diterapkan meliputi self-monitoring (pemantauan diri), self-evaluation (evaluasi diri), dan self-reinforcement (penguatan diri), yang secara terarah membantu santri dalam mengontrol perilakunya dan membentuk komitmen terhadap perubahan positif. Penerapan teknik ini memberikan dampak nyata terhadap kedisiplinan santri, baik dalam aspek ibadah, perilaku sosial, maupun etika berbicara. Berdasarkan temuan tersebut, konseling individual dengan pendekatan self management direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembinaan karakter di lingkungan pesantren. Melalui pembinaan yang bersifat personal dan empatik, santri dibantu untuk memahami akar permasalahan dan didorong untuk melakukan perubahan dari dalam dirinya. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya peran guru pembimbing dalam menciptakan hubungan yang suportif demi mendukung proses perubahan perilaku santri secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |