DIFA N’ AULIA, (2025) ANALISIS PENERAPAN MUROJAAH KLASIKAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Bustanul Arifin Desa Getasan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
1808306115_1_cover.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
1808306115_2_bab1.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
1808306115_6_bab5.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
1808306115_7_dafpus.pdf Download (278kB) |
Abstract
Pendidikan menjadi suatu kebutuhan dan keharusan demi membuat generasi- generasi penerus bangsa yang hebat. Pendidikan di pesantren seperti pesantren Bustanul Arifin Cirebon juga merupakan salah satu tempat dimana banyak santrinya dapat belajar terutama mempelajari ilmu keagamaan. Bahkan dunia belajar pesantren menjadi salah satu wadah untuk terus mempertahankan ajaran- ajaran keagamaan. Namun, satu sisi ternyata santri-santri di sana mengalami kesulitan belajar. Peneliti melihat bahwa pengajar di sana mencoba menggunakan metode murojaah klasikal dalam mengatasi masalah tersebut maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis metode murojaah klasikal dalam mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara kepada beberapa pengajar serta mewawancarai beberapa santri sebagai bentuk data validitas. Hasil yang didapat bahwa memang benar santri-santri di sana merasa kesulitan dalam menghafalkan tugas hafalan mereka. Selain itu, metode murojaah klasikal diterapkan dengan baik di pesantren ini dan mendapatkan respon yang baik. Respon yang baik artinya metode murojaah klasikal sudah tepat karena dapat membantu mempermudah santri di pesantren Bustanul Arifin Cirebon dalam menghafal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |