Era Fazira, (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 TENGAH TANI. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306121_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108306121_2_bab1.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
2108306121_6_bab5.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
2108306121_7_dafpus.pdf Download (546kB) |
Abstract
Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama merupakan upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan memanfaatkan dinamika kelompok dan bermain peran. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat self-efficacy yang rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru BK yang menyatakan bahwa peserta didik kelas VIII memiliki tingkat self-efficacy rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui profil self-efficacy akademik peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tengah Tani. (2) mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dalam meningkatkan self-efficacy akademik peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tengah Tani. (3) menganalisis keefektivan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dalam meningkatkan self-efficacy akademik peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tengah Tani. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII sejumlah 324 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dari populasi yang ada. Sampel yang digunakan berjumlah 30 peserta didik yang dibagai menjadi 2 kelompok, 15 peserta didik dengan self-efficacy terendah menjadi kelompok eksperimen dan 15 peserta didik dengan self-efficacy tertinggi menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji T – test, dan uji N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama yang dilakukan di SMPN 1 Tengah Tani berjalan baik namun masih belum maksimal (2) Tingkat ketercapaian self-efficacy peserta didik kelas VIII berada pada kategori sedang. (3) Hasil rata-rata nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,57 atau 57,2% apabila diinterpretasikan termasuk kedalam kategori cukup efektiv. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama cukup efektiv dalam meningtkan self-efficacy akademik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |