Ma’lufah, (2025) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB - C PANCARAN KASIH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306035_1_cover.pdf Download (965kB) |
![]() |
Text
2108306035_2_bab1.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
2108306035_6_bab5.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
2108306035_7_dafpus.pdf Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media gambar dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendekatan pembelajaran yang tepat bagi anak tunagrahita, yang memiliki hambatan dalam memahami konsep abstrak dan memerlukan dukungan visual konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari tiga guru dan tiga siswa tunagrahita tingkat SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar yang relevan dan menarik mampu membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih efektif, meningkatkan minat belajar, dan memperkuat daya ingat. Media gambar juga memungkinkan proses pembelajaran berlangsung lebih interaktif dan menyenangkan. Faktor yang memengaruhi efektivitas media gambar meliputi pemilihan gambar yang sesuai, keterlibatan guru, serta kesiapan siswa dalam menerima stimulus visual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media gambar merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan kognitif anak tunagrahita di lingkungan sekolah luar biasa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |