PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 KOTA CIREBON

SILVI ZULFIYAH, (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2008306023_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008306023_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306023_6_bab5.pdf

Download (456kB)
[img] Text
2008306023_7_dafpus.pdf

Download (894kB)

Abstract

Minat belajar adalah dorongan batin seperti keinginan, rasa suka, dan ketertarikan peserta didik terhadap proses belajar yang ditunjukkan melalui antusiasme, partisipasi, dan keaktifan. Minat belajar memiliki peran penting dalam membantu siswa mengidentifikasi tujuan dan misi dalam hidup. Oleh karena itu, pemahaman terhadap minat belajar siswa menjadi kunci dalam memotivasi proses pembelajaran dan pengembangan potensi. Salah satu cara meningkatkan minat belajar adalah melalui penggunaan gadget. Gadget merupakan sebuah inovasi dari teknologi terbaru dengan fitur-fitur menarik bertujuan agar lebih praktis dan lebih berguna. Penggunaan gadget bisa berdampak positif dan negatif tergantung pada individu itu sendiri dalam menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas XI di MAN 1 Kota Cirebon. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kausalitas dengan teknik analisis regresi sederhana. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner berbasis Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 289 siswa dengan sampel 168 siswa. Teknik analisis mencakup uji instrumen, uji asumsi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan gadget dan minat belajar. Penelitian ini memperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa Kelas XI di MAN 1 Kota Cirebon. Pengaruh tersebut sebesar 63,5%, sementara 36,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, mungkin berkontribusi terhadap variabel dependen dan tidak dijelaskan pada penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:56
Last Modified: 30 Jul 2025 06:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item