SITI AISYAH, (2025) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI BIMBINGAN KEAGAMAAN TERHADAP SISWA MDTA USWATUN HASANAH DI DESA DANAWINANGUN KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
1808306010_1_cover.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
1808306010_2_bab1.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
1808306010_6_bab5.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
1808306010_7_dafpus.pdf Download (494kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui bimbingan keagamaan di lingkungan madrasah. Pembentukan karakter menjadi salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan, terutama di madrasah yang mengintegrasikan nilai-nilai religius dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis sebagai pendidik, pembimbing, sekaligus teladan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa. Bimbingan keagamaan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan ibadah, ceramah keagamaan, keteladanan perilaku, serta integrasi nilai�nilai moral dalam mata pelajaran. Melalui pendekatan tersebut, karakter siswa terbentuk dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan sikap religius. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan variasi latar belakang siswa, namun dapat diatasi dengan kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak madrasah. Penelitian ini menegaskan bahwa peran aktif guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia melalui bimbingan keagamaan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |