Siti Nurrokhmah, (2025) STRATEGI COPING STRES MAHASISWA SEMESTER IX DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
1908306112_1_cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
1908306112_2_bab1.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
1908306112_6_bab5.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
1908306112_7_dafpus.pdf Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa stres merupakan bagian yang tidak terhindarkan dalam proses akademik, terutama pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Setiap individu mengalami stres dengan intensitas, gejala, dan dampak yang berbeda, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tuntutan akademik, kesulitan dalam mengatur waktu, keterbatasan literatur, serta tingkat kemandirian dalam menyelesaikan tugas akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat stres, mengidentifikasi penyebab stres, serta mengetahui strategi coping yang digunakan mahasiswa Semester IX Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam menghadapi stres selama penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap enam mahasiswa yang dipilih secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami stres yang disebabkan oleh tekanan akademik, kesulitan manajemen waktu, keterbatasan sumber daya literatur, serta tingkat kemandirian. Untuk mengatasi stres tersebut, mahasiswa menerapkan strategi coping yang berorientasi pada penyelesaian masalah (problem-focused coping) seperti penyusunan rencana dan manajemen waktu, serta strategi yang berfokus pada pengaturan emosi (emotion-focused coping) seperti mengambil jeda dari aktivitas akademik dan mencari dukungan sosial dari teman dan keluarga. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa strategi yang mereka gunakan cukup efektif dalam meredakan stres, meskipun mereka menyadari perlunya pengembangan strategi coping yang lebih adaptif. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi coping yang efektif dan dukungan sosial dalam membantu mahasiswa mengatasi tekanan akademik saat menyusun skripsi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 01:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |