Pengaruh Digital Marketing, E-Commerce Dan Financial Technology Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Pada Umkm (Studi Kasus Usaha Mikro,Kecil,Dan Menengah Di Wilayah Kabupaten Kuningan)

Dania Hasanah, (2025) Pengaruh Digital Marketing, E-Commerce Dan Financial Technology Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Pada Umkm (Studi Kasus Usaha Mikro,Kecil,Dan Menengah Di Wilayah Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108205154_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108205154_2_bab1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
2108205154_6_bab5.pdf

Download (303kB)
[img] Text
2108205154_7_dafpus.pdf

Download (292kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu lingkup kecil dari pada perekenomian masyarakat Indonesia yang mampu berdiri sendiri serta bisa dikelola baik secara perorangan maupun kelompok. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga merupakan bagian dari pada salah satu pilar yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia, karena dengan adanya UMKM ini menjadi bagian dari pada prioritas tulang punggung pembangunan perekonomian nasional yang dapat menanggulangi pengangguran dan kemiskinan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini tidak hanya menunjukan pengurangan masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan pelaku usaha, tetapi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga memberikan kontribusi yang siginifikan dalam mempercepat perubahan struktural. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing, E Commerce, Financial Technology Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Pada UMKM di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif., dengan Teknik pengambilan sampel non-probabilistik pendekatan purposive sampling. Populasi dalam peelitian ini sebanyak 59.556 pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan, dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengumpulan Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. dibuktikan berdasarkan hasil nilai t hitung > t tabel (5.656 > 1,985), dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. 2. E-Commerce berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan, dibuktikan berdasarkan hasil nilai t hitung < t tabel yaitu ( -10.204 < 1,985), dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. 3. Financial Techonology berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel, yaitu sebesar 6.531 > 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima.4. Digital Markting, E-Commerce, dan Financial Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel, yaitu sebesar 67.807 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci; Digital Marketing, E-Commerce, Financial Technology, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:01
Last Modified: 31 Jul 2025 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item