GINA NURRAHMANI, HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS X SMAN 3 CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306129_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108306129_2_bab1.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
2108306129_6_bab5.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
2108306129_7_dafpus.pdf Download (491kB) |
Abstract
Era society 5.0 dimana manusia berada dalam zaman yang dinamis serta penuh dengan perubahan. Generasi ini, anak-anak muda masa kini, adalah saksi dari pergeseran besar dalam perkembangan teknologi dan kebiasaan hidup. Pada era ini juga manusia akan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya dalam pendidikan, teknologi dapat digunakan untuk memberikan akses ke pendidikan berkualitas bagi semua tanpa memandang lokasi geografis atau latar belakang ekonomi. Apabila seorang siswa tidak mempersiapkan diri secara baik dan maksimal maka akan tersisih dalam persaingan didunia pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui adakah hubungan antara motivasi belajar dengan perencanaan karier siswa SMAN 3 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi product moment yang dilihat berdasarkan t-hitung dan t-tabel. Semua perhitungan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS(Statistic Product for Servis Solutions).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas X SMAN 3 Cirebon angkatan 2024 terbilang cukup optimal. Kemudian, perencanaan karier siswa SMAN 3 Cirebon terbilang cukup optimal. Sedangkan untuk hubungan antara motivasi belajar dengan perencanaan karier siswa kelas X SMAN 3 Cirebon terbilang adanya hubungan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan uji hipotesis yaitu dapat dibuktikan bahwa ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan perencanaan karier siswa dari hasil r-hitung (0,719) > r-tabel (0,2565) dengan tingkat signifikasi sebesar (0,000) < (0,05) adapun arah korelasi antara motivasi belajar yang merupakan variabale X dan Perencanaan karier merupakan variable Y dapat bersifat positif jika hasilnya searah. Semakin besar nilai motivasi belajar maka semakin besar pula variable perencanaan karier. Kekuatan korelasi antara variable motivasi belajar dengan perencanaan karier ini sangat kuat. Dikatakan sangat kuat melihat dari ketentuan nilai pearson correlation.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:14 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |