STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA CIREBON DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PROGRAM PENERIMA BEASISWA BANK INDONESIA

MUHAMMAD TAUFAN GEMILANG, (2025) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA CIREBON DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PROGRAM PENERIMA BEASISWA BANK INDONESIA. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2008302031_1_cover.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2008302031_2_bab1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2008302031_6_bab5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2008302031_7_dafpus.pdf

Download (167kB)

Abstract

Strategi komunikasi yang dijalankan oleh Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon dalam meningkatkan pelayanan kepada penerima beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) masih menghadirkan sejumlah tantangan dalam pelaksanaannya, yang kemudian menjadi perhatian dalam penelitian ini. Meskipun program ini telah memberikan dukungan pendidikan kepada mahasiswa berprestasi, sejumlah kendala masih dihadapi, seperti kurang meratanya penyebaran informasi, minimnya pemanfaatan media sosial, serta lemahnya pendampingan dan evaluasi program. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas BI Cirebon dalam meningkatkan pelayanan pada program penerima beasiswa GenBI? Selain itu, penelitian ini juga mengajukan pertanyaan tentang mekanisme pengendalian terhadap GenBIers dan program-program yang dijalankan oleh komunitas GenBI Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi Humas BI Cirebon dalam meningkatkan pelayanan program beasiswa GenBI, mengevaluasi sistem controlling yang diterapkan kepada para penerima beasiswa, serta mengidentifikasi program-program pengembangan yang dijalankan oleh GenBI Cirebon dalam mendukung tujuan Bank Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatannya menggunakan studi kasus, dan sumber datanya adalah primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari perwakilan Humas BI Cirebon serta anggota aktif GenBI Cirebon yang mewakili wilayah Ciayumajakuning. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Humas BI Cirebon dilakukan melalui empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Humas BI telah memanfaatkan media sosial, membangun koordinasi dengan GenBIers, serta melakukan pendampingan kegiatan. Namun demikian, masih terdapat kekurangan dalam sistem controlling dan optimalisasi media digital. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan komunikasi dua arah, evaluasi berkala, serta penguatan kolaborasi antara Humas dan GenBI Cirebon agar program beasiswa lebih efektif dan berdampak luas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:49
Last Modified: 01 Aug 2025 04:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item